Menuju Hari Raya Idul Adha 1438H
6 Juli 2017
Harga hewan qurban terbaru 2017
Harga Jual Hewan Qurban / Kurban Sapi, Kambing, Domba Jakarta, depok, bogor, tangerang, bekasi 2017
14 Agustus 2017

Jenis – jenis Kambing dan Domba di Indonesia

Jenis – jenis Kambing dan Domba di Indonesia

Indonesia merupakan negara beriklim tropis sehingga banyak sekali Flora dan Fauna yang ada di Indonesia. Salah satu jenis Fauna yang ada di Indonesia dan banyak diperjualbelikan adalah kambing dan domba. Populasi kambing dan domba di Indonesia selain jumlahnya meningkat juga makin beragam jenisnya. Berikut beberapa jenis kambing dan domba yang ada di Indonesia.

Kambing

Kambing kacang merupakan kambing jenis lokal Indonesia. Kambing jenis ini merupakan kambing pedaging yang memeliki ciri – ciri tubuh kecil, warnanya putih, hitam atau coklat, posisi telinga tegak, dan kisaran beratnya dapat mencapai 30 kg.
Kambing Etawa (Jamnapari) merupakan kambing yang berasal dari India. Kambing jenis ini biasanya diternakkan sebagai penghasil susu. Ciri – ciri kambing ini adalah memnpunyai telinga yang panjang dan terkulai ke bawah, mempunyai bulu yang cukup lebat, dahi dan hidungnya cembung, tinggi bisa mencapai 127 cm dan bobot maksimal sekitar 91 kg.
Kambing Peranakan Etawa (PE) adalah kambing lokal hasil persilangan antara kambing etawa dengan kambing kacang. Kambing jenis ini mempunyai ciri ciri fisik yang hampir sama dengan kambing etawa namun lebih adaptif.
Kambing Jawa Randu merupakan kambing hasil persilangan dari kambing peranakan etawa (PE) dengan kambing kacang. Ciri – ciri fisik kambing ini adalah memiliki telinga lebar terbuka, panjang dan terkulai, postur tubuhnya lebih kecil dari kambing etawa dan bobot maksimal dapat lebih dari 40 kg.

Domba

Domba Garut (Priangan) merupakan domba hasil persilangan antara domba lokal, domba ekor gemuk/gibas dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia. Domba ini banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat. Postur tubuh yang besar serta tanduk yang kokoh menjadikan domba ini menjadi domba aduan. Selain itu, domba garut juga biasa dimanfaatkan dagingnya.
Domba Ekor Tipis (DET/domba gembel) merupakan domba lokal dari Indonesia. Domba jenis ini adalah domba yang paling banyak kita temui sehari – hari. Ciri – ciri fisiknya anatara lain telinga kecil dan menggantung, bertanduk, ekornya tipis dan bobot maksimal dapat mencapai 40 kg.
3.Domba Ekor Gemuk (DEG/domba kibas) adalah domba yang berasal dari Afrika Selatan. Domba jenis ini masuk ke Indonesia sekitar abad ke -18. Ciri – ciri fisiknya antara lain ukuran tubuh lebih besar, bulunya putih dan kasar, ekor yang besar karena timbunan lemak dan bobot maksimal dapat mencapai 60 kg.